Jumat, 16 Maret 2018

Nasab dan Keluarga Abu Bakar Ash-Shidiq RA

Nasab Abu Bakar Ash-Shidiq

Nama Abu Bakar ash-Shidiq (pada masa jahiliyyah digelari Atiq) nama sebenarnya adalah Abdullah bin Utsman (Abu Quhafa) bin Amir bin Amr bin Ka'ab bin Sa'ad bin Taim bin Murrah bin Ka'ab bin Lu'ai bin Ghalib bin Fihr al-Qurasy at-Taimi.
Bertemu nasabnya dengan Nabi Muhammad pada kakeknya, yaitu Murrah bin Ka'ab bin Lu'ai.

Sedangkan Ibunya adalah Ummu al-Khair, Salma binti Shakhr bin Amir bin Ka'ab bin Sa'ad bin Taim.
Ayah dan ibunya berasal dari kabilah bani Taim.
  
" Istri dan Anak Abu Bakar "
  1. Abu Bakar pernah menikah dengan Qutailah binti Abd al-Uzza bin Abd bin As'ad pada masa jahiliyyah, dari pernikahan tersebut lahirlah Abdullah dan Asma'.
  2. Ummu Ruman binti Amir bin Uwaimir bin Zuhal bin Dahman bin Kinanah, dari pernikahan ini lahirlah Abdurrahman dan Aisyah.
  3. Asma' binti Umais bin Ma'ad bin Taim al-Khatsamiyyah (sebelumnya, Asma' diperistri oleh Ja'far bin Abi Thalib). Dari pernikahan ini lahir Muhammad bin Abu Bakar (lahir pada waktu haji wada' di Dzul Hulaifah).
  4. Menikahi Habibah binti Kharijah bin Zaid bin Abi Zuhair dari Bani al-Haris bin al-Khazraj, saat singgah di rumah Kharijah ketika datang ke Madinah dan mempersunting anaknya, dan beliau masih terus bermukim dengannya di suatu tempat yang disebut dengan as-Sunuh hingga Rasulullah wafat dan kemudian beliau diangkat menjadi khalifah.
    Dari pernikahan ini lahirlah Ummu Kultsum, setelah Rasul wafat.
Sumber : Perjalanan Hidup Empat Khalifah Rasul yang Agung (Al-Hafidz Ibnu Katsir) hal. 5-7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar